Kamis, 08 Oktober 2009

Tanpa Kesalahan

Pada tahun 1951, Bette Nesmith bekerja sebagai sekretaris di sebuah bank di Dallas. Ia berusia dua puluh tujuh tahun, sudah bercerai, dan mempunyai anak laki-laki berusia Sembilan tahun. Ia senang mendapat gaji $300 sebulan. Waktu itu jumlah tersebut cukup besar

Tapi ia mempunyai satu masalah bagaimana mesti memperbaiki kesalahan-kesalahan yang dibuatnya saat mengetik dengan mesin tik listriknya yang baru. Ia pernah belajar mengetik dengan mesin tik manual., dan merasa terkejut melihat bahwa ia banyak sekali membuat kesalahan dengan mesin listrik itu. Sangat merepotkan kalau mesti menghapus semua kesalahan ketik itu dengan penghapus. Ia mesti mencari cara lain.

Bette mempunyai sedikit pengalaman dalam bidang seni, dan ia tahu bahwa yang menggunakan cat minyak biasanya menutupi kesalahan sapuan dengan polesan lagi. Maka Bette meramu suatu cairan untuk dioleskan ke kesalahan-kesalahan ketiknya. Ia menaruh di sebuah botol bekas kuteks.

Selama lima tahun Bette menyimpan teknik baru ini untuk digunakan sendiri. Tapi akhirnya sekretaris-sekretaris lain mulai memperhatikan botol kecilnya itu, dan minta dibuatkan juga. Jadi, Bette membuatkan beberapa botol untuk teman-temannya dan menamainya ”Tanpa kesalahan.”

Teman-temannya senang sekali dan mendorongnya agar mulai menjual produk tersebut. Bette melakukan pendekatan-pendekatan pada berbagai agen pemasaran dan perusahaan-perusahaan, termasuk IBM, tetapi mereka menolaknya. Namun, para sekretaris semakin banyak yang menyukai produknya, sehingga Bette menjadikan dapurnya sebagai pabriknya yang pertama, dan ia mulai menjual sendiri hasil ramuannya itu. Ia tidak berhenti dari pekerjaannya di siang hari, namun ia bekerja samapi jauh malam, bahkan subuh untuk mencampur dan mengemas produknya.

Pesanan-pesanan mulai berdatangan, dan ia menyewa seorang mahasiswa untuk membantu penjualan. Ini tidak mudah bagi mereka yang sama-sama belum berpengalaman. Para dealer sering mengatakan bahwa orang tidak akan mau menghapus salah ketik mereka dengan polesan saja. Berdasarkan data penjualan, mulai bulan Agustus 1959 sampai akhir April 1960, pendapatan total perusahaan Bette adalah $ 1.141 dan pengeluarannnya $ 1.217.

Tapi bette tidak menyerah. Ia mengambil pekerjaan sekretaris paruh waktu, sekedar untuk membeli bahan makanan, dan ia menabung $200 untuk membayar seorang ahli kima yang bisa mengembangkan formula yang cepat kering untuk produknya.

Formula baru itu ternyata menolongnya. Bette pun mulai berkeliling di seluruh negeri, menjual botol-botol putih kecilnya di mana pun. Kalau tiba di suatu kota, ia akan mengambil buku telepon lokal dan menghubungi setiap dealer peralatan kantor lokal. Ia juga berkunjung ke toko-toko dan meninggalkan selusin botol produknya kemudian pesannan mulai meningkat, dan perusahaan yang kemudian dikenal sebagai Liquid Paper Corporation, pada tahun 1979, hasil penjualan botol-botol putih itu mencapai $3.5 juta per tahun, dan keseluruhan penjualannya meraih $38 juta. Pembelinya adalah Gilletette Company, dan harga pembeliannya adalah $47.5.

Jennifer Read Hawthone dan Marci Shimoff

Diadaptasi dari sebuah kisah di Bits & Pieces

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Assalamualaikum, bu saya uas ikut bu, sya mengerjakan 3 coding,1 bisa di run dan bnar, yang 2 gak bisa bu, ibu memberi saya niai 17